Penemu Baterai Pertama di dunia oleh Alessandro Volta

Penemu Baterai Pertama di dunia oleh Alessandro Volta

Baterai merupakan alat yang mampu mengubah energi kimia menjadi energi listrik, saat ini banyak sekali jenis baterai yang kita jumpai di pasar-pasar, bahkan hampir semua produk menggunakan baterai. Saat ini baterai bisa kita bilang sebagai alat kebutuhan sehari-hari kita dalam rumah tangga dan kebutuhan individu kita. perangkat seperti ponsel, laptop, tablet, pemutar musik dan lainnya, mengandalkan baterai sebagai sumber energi.

Tetapi pernahkah kita terfikir siapa sih penemu dan pembuat baterai pertama.?

Orang pertama yang menemukan baterai adalah Alessandro Volta adalah salah seorang fisikawan italia yang menemukan baterai pada Tahun 1800. Di samping itu dia juga membuat penemuan lain dalam bidang neumatik serta meteorologi dan elektrostatika. Alessandro Volta lahir di como, italia dan pada usia 29 tahun menjadi profesor fisika di Royal School di kota kelahirannya. Setelah 5 Tahun di Royal School, Alessandro Volta dipanggil untuk menjadi profesor di University of Pavia pada tahun 1779.

Kemudian Alessandro Volta Mampu membuat baterai pertama yang bisa menghasilkan arus listrik secara konsisten dan dapat diandalkan.

Kemudian Ia melanjutkan pekerjaan Luigi Galvani dan membuktikan bahwa teori Galvani yaitu efek kejutan kaki kodok adalah salah. Secara fakta, efek ini muncul akibat 2 logam tak sejenis dari pisau bedah Galvani. Berdasarkan pendapat ini, Volta berhasil menciptakan “Baterai Volta” (Voltac Pile). Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan volt.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan