Pendiri dan Sejarah Awal Didirikannya Wikipedia

Pendiri dan Sejarah Awal Didirikannya Wikipedia

nalet.net – Pendiri wikipedia. Wikipedia merupakan sebuah situs sejuta umat. Dikatakan demikian karena wikipedia merupakan wadah untuk mencari berbagai informasi di internet yang bisa di bilang lengkap dan gratis tentunya. Setiap informasi apa saja yang dimuat pada status tersebut selalu di sertakan dengan referensi (sumber) yang cukup. Maka dari itu wikipedia merupakan situs rujukan referensi yang paling banyak di akses pada saat ini.

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat.

Siapakah Pendiri Wikipedia ?

Wikipedia pertaman kali di dirikan oleh Jimmy wales, ia lahir di Alabama, Amerika serikat pada 7 agustus 1966. Ia merupakan pendiri dan anggota dari yayasan Wikipedia. Berikut biografi dari Jimmy Wales:

Nama                 : Jimmy Donal Wales

Nama Lain         : Jimbo

TTL                    : 7 Agustus 1966 Huntsville, Alabama, Amerika Serikat

Pekerjaan          : President dari Wikia, Inc.; Board member and Chair Emeritus of the Wikimedia         Foundation

Web                   : blog.jimmywales.com

Sejarah Di Dirikannya Wikipedia

Tahun 2000, wales mendirikan ensiklopedia yang bisa disunting oleh khalayak ramai namun di awasi oleh orang-orang terkemuka di bidangnya masing-masing, yaitu Nupedia.com (“ensiklopedia bebas”), dan mempekerjakan Larry Sanger sebagai editor-in-chief.  Pada 10 Januari 2001 engajukan proposal untuk membuat ensiklopedia menggunakan peranti lunak kemudian wales meluncurkannya pada 15 januari.

ketika itu, Wikipedia merupakan situs berbasis wiki sebagai fasilitas untuk membuat isi awal ensiklopedia yang dikerjakan oleh khalayak ramai untuk diperiksa oleh para ahli dan kemudian dimasukkan ke Nupedia.

Lalu pada tahun 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendukung Wikipedia dan proyek-proyek serupa lainnya, Wales menunjuk dirinya sendiri dan dua orang rekan bisnisnya yang bukan Wikipedian aktif menjadi anggota dewan direksi yang terdiri atas lima orang; dua orang anggota lainnya adalah wakil komunitas terpilih.

pada tahun 2006, ia mulai mendapatkan pendanaan modal dari gabungan beberapa perusahaan yang peduli dan menaruh simpati yang besar atas usaha Wales yang ingin membagikan banyak ilmu dengan mudah dan gratis ke semua orang di seluruh dunia.

Berkat usahanya tersebut juga, Wales banyak mendapatkan apresiasi bahkan penghargaan dari berbagai pihak. Salah satu yang paling mengesankan adalah manakala dirinya di dapuk menjadi tokoh pertama yang masuk pada artikel “Scientists & Thinkers” tentang orang yang paling berpengaruh di dunia versi majalah TIME tahun 2006

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan