Penemu dan Sejarah Awal Mula Mesin Diesel Ditemukan

Penemu dan Sejarah Awal Mula Mesin Diesel Ditemukan

Semua orang pasti sangat mengenali yang namanya mesin diesel. Lalu apa itu Mesin Diesel ? mesin diesel adalah sebuah jenis mesin pemicu kompresi, dimana untuk menyalakan dan membakar bahan bakarnya menggunakan panas kompresi yang terinjeksi kedalam ruang pembakaran.

Jenis mesin diesel umumnya dipakai pada jenis – jenis kendaraan yang mempunyai kapasitas mesin besar seperti mobil tronton, busway, truk, fuso dan mobil-mobil lainnya yang membutuhkan tenaga besar, mesin diesel umumnya lebih tahan panas karena spesifikasi mesin yang besar.

Penemu dan Tahun Di Temukannya Mesin Diesel

Awal mula di temukan mesin diesel pada tahun 1892 dan si penemu mendapatkan hak patennya pada tahun 1893. Orang jenius yang menemukan mesin diesel bernama Rudolf Christian Karl Diesel atau lebih di kenal Rudolf Diesel. Rudolf Diesel merupakan seorang penemu dari Jerman, ia lahir pada tanggal 18 maret 1858 di paris prancis. Meski lahir di paris namun orang tuanya berasal dari jerman.

Sejak kecil Rudolf Diesel sudah menjadi orang jenius, pada umur 20 ia mendapatkan medali perunggu dari Société Pour L’Instruction Elémentaire, atas beberapa karya ilmiahnya yang cemerlang. Rudolf Diesel mulai dikenal sebagai mekanik handal pada tahun 1872, ini terbukti dengan ia menjadi lulusan terbaik yang pernah dihasilkan oleh Institut Politeknik Muenchen.

Jenis – Jenis Mesin Diesel

  • Mesin diesel radial
    jenis mesin diesel radial Mempunyai silinder yang semuanya terletakpada satu bidang dengan garis tengahnya berada pada sudut yang sama dan hanya ada satu engkol untuk tempat memasangkan semua batang engkol. Mesin jenis mesin diesel ini dibangun dengan lima, tujuh, sembilan dan sebelas silinder.
  • Mesin diesel datar
    Jenis mesin diesel datar umumnya di gunakan pada mabil seperti bus atau truk.
  • Mesin diesel silinder satu garis
    jenis mesin diesel Ini merupakan pengeturan yang paling sederhana, dengan semua silinder sejajar, satu garis (inline) seperti dalam gambar 1-2 . Konstruksi ini biasa digunakan untuk mesin diesel yang mempunyai silinder sampai delapan. Mesin diesel satu baris biasanya mempunyai silinder vertikal. Tetapi mesin diese ldengan silinder horisontal digunakan untuk bus. Mesin diesel seperti ini pada dasarnya adalah mesin vertikal yang direbahkan pada sisinya untuk mengurangi beratnya.
  • Mesin diesel Pengaturan – V
    Kalau jenis  mesin diesel mempunyai lebih dari delapan silinder, sulit untuk membuat poros engkol dan rangka yang tegar dengan pengaturan satu garis. Pengaturan –V (gambar 1-3 a) dengan dua batang engkol yang dipasangkan pada pena engkol masing-masing, memungkinkan panjang mesin dipotong setengahnya jhingga lebih tegar, dengan poros engkol lebih kaku. Iini merupakan pengaturan yang paling umum untuk mesin  diesel dengan derlapan sampai enambelas silinder. Silinder yang terletak pada satu bidang disebut sebuah bank; sudut a antara dua bank bervariasidari 30 sampai 120 derajat, sudut yang paling umum aadalah antara 40 dan 70 derajat.
  • Mesin diesel torak berlawanan
    Mesin diesel derngan dua torak tiap silinder yang menggerakkan doa poros engkol  digunakan dalam kapal dan ketreta rel. Disainya menunjukan banyak keuntungan dari pembakaran bahan bakar, menyeimbangkan masa ulak-alik, pemeliharaan mesin dan mudah dicapai.
  • Unit Mesin diesel Jamak.
    Berat tiap daya kuda, yang disebut berat mesin diesel spesifik, makin besar dengan makin bertambahnya ukuran mesin diesel , lubang dan langkah mesin diesel. Untuk mendapatkan mesin dengan keluaran daya sangat tinggi tanpa menambah berat spesifiknya, maka dua dan empat mesin lengkap, yang memiliki enam atau delapan silinder masing-masing dikombinasikan dalam satu kesatuan dengan menghubungkan tiap mesin  diesel kepada poros penggerak utama s (gb1- 4a dan b) dengan bantuan kopling dan rantai rol atau kopling dan roda gigi.

Note: Pembagian jenis-jenis mesin diesel diatas berdasarkan pengaturan silindernya.

 

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan