Penemu dan Jenis – Jenis Kipas Angin

Penemu dan Jenis – Jenis Kipas Angin

Kipas angin adalah suatu alat yang untuk menghasilkan angin yang kemudian diarahkan ke arah yang di inginkan. Kipas angin miliki berfungsi untuk menjadikan udara tidak panas, ventilasi, penyegar udara dan juga berfungsi untuk pengering.

Jenis – Jenis Kipan Angin

  • Kipas angin dinding
    Sesuai namanya Kipas angin dinding di letakkan pada dinding dalam sebuah ruangan. Ini bertujuan agar kipas dinding menghasilkan ventilasi udara untuk ruangan tersebut. Kipas angin dinding umumnya di letakkan dalam suatu ruangan yang agak sempit dan tidak ada ventilasi udaranya.
  • Kipas Angin Langit-Langit
    Kipas angin langit langit umumnya memiliki bentu yang berbeda dari kipas angin lainnya. Kipas angin ini memilik kipas yang lebih besar dan panjang, kipas angin langit langit juga tidak mempunyai penutup atau rumah kipas. Umumnya jenis kipas angin ini di letakkan pada ruangan yang luas karena bisa menghasilkan angin kencang dengan area hembusan yang luas.
  • Kipas angin berdiri
    Kipas angin jenis ini umumnya di letakkan di lantai, dinamakan berdiri karena bentuknya yang panjang  seperti berdiri dengan ketinggian rata rata sekitar satu meter. Kipas angin ini di lengkapi dengan pelindung kipas dan kipasnya bisa di setel untuk menghasilkan angin secara tetap/lurus atau berputar ke kiri dan kanan.
  • Kipas angin duduk
    Jenis kipas angin ini merupakan kebalikan dari kipas angin berdiri, kipas angin ini mempunyai bentuk yang lebih rendah sehingga angin yang di hasilkan diarea rendah saja. Kipas angin ini memiliki bentuk yang simpel sehingga mudah jika ingin di pindahkan.
  • Kipas angin meja
    Kipas angin meja mempunyai bentu yang paling mungil diantara kipas kipas lainnya. Sesuai namanya, kipas angin ini umumnya di letakkan pada meja dan menghasilkan udara yang lebih sedikit dari kipas angin lainnya. Karena bentuknya yg kecil dan portable kipas angin ini bisa juga di pindah pindahkan sesuai keinginan.
  • Kipas angin multi fungsi
    Seiring perkembangannya, kipas angin jenis ini merupakan penggabungan dari kipas kipas angin di atas agar dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam hal peletakan dan penggunaannya. Jadi kipas angin multi fungsi bisa di letakkan di dinding, lantai dan langit-langit. Kipas angin ini di lengkapi dengan tiang penyangga agar mudah ketika mau di letakkan di dinding atau langit langit, selain itu, juga sudah di lengkapi dengan remote control untuk menyalakan dan mematikan kipas serta untuk menyetal kekuatan putara kipas.

Siapa Penemu Kipas Angin ?

Kipas angin listrik pertama kali ditemukan oleh orang bernama Schuyler Skaats Wheeler pada tahun 1882. Saat pertama kali diperkenalkan, jenis kipas angin listriknya hanya memiliki spesifikasi dua baling baling tanpa ada pelindung kipas dan digerakkan dengan memakai tegana motor listrik.

Kemudian kipas angin listrik dikembangkan oleh Philip H. Diehl  yang berhasil dipantenkan pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel di langit-langit rumah.

Philip H. Diehl  terus mengembangkan temuannya. Pada tahun 1904 Diehl menambahkan sendi split-ball pada kipas angin listriknya. Tiga tahun kemudian, ide ini menjadi dasar pemnemuan kipas angin yang dapat bergerak ke sana-kemari. sedangkan pada tahun 1902 Willis Carrier menemukan air conditioning.

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan