Siapa Penemu Jaringan 4G LTE ?

Siapa Penemu Jaringan 4G LTE ?

Kini jaringan 4G LTE telah dikenal banyak orang dan memiliki kecepat yang lebih tinggi dari generasi jaringan sebelumnya sehingga mampu memberikan efesiensi bagi pengguna Internet.

Apa Itu 4G LTE ?

4G adalah singkatan dari : Fourth-Generation Technology dan LTE adalah Long Term Evolution. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. Jaringan 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop menggunakan modem USB.

Penemu Jaringan 4G LTE

Pada tahun 2014 akhir, sempat beredar kabar bahwa penemu jaringan  4G LTE ( Long Term Evolution ) merupakan seorang yang berasal dari negara Indonesia bernama Khoirul Anwar.

Namun demikian khoirul anwar tidak pernah mengkalim bahwa dirinya sebagai orang yang menemukan jaringan 4G LTE . Ia menjelaskan bahwa temuan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) yang di kemudian hari dipakai dalam teknologi 4G LTE, sering diartikan oleh awam menjadi ‘Khoirul Anwar penemu 4G LTE.

Berikut ini penjelasan Khaoirul Anwar dalam salah satu postingan blog pribadinya menganai jaringan 4G LTE: “Saya tidak menulis sebagai penemu 4G LTE karena 4G LTE sendiri seharusnya memang tidak ditemukan, melainkan disepakati. Forumlah yang menyepakati teknik tertentu untuk dipakai atau tidak dipakai dalam sebuah standard,”.

Teknologi LTE secara sederhana terdiri dari banyak sekali komponen. Di antara sekian banyak komponen pembentuknya, Khoirul pencipta salah satunya yang juga menjadi standard ITU ( International Telecommunication Union ).

Sejarah Awal Mula Penemuan 4G

Teknologi 4G diciptakan anwar saat dirinya masih menempuh studi doktoral di Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang. Dia merasa gundah dengan adanya problem power pada wifi. Pada satu titik, ia sangat tinggi (power-nya), kemudian rendah lagi dan tinggi lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anwar menggunakan algoritma Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan. Sebuah FFT dipasangkan dengan FFT aslinya dengan harapan bisa menstabilkan power. Ide itu dianggap gila oleh para ahli saat dia melakukan presentasi di Hokkaido pada 2005.

Pada saat presentasi di Australia, Apa yang dilakukan Anwar dianggap tidak berguna. Sebab, apabila dua FFT dipasangkan, yang terjadi adalah saling menghilangkan, dia mendapatkan cemoohan pada saat itu.

Setelah itu anwar tidak putus asa, ia kemudian terbang ke Amerika untuk mematenkan penemuannya tersebut. Anwar pun mendapatkan paten dengan nama Transmitter and Receiver dan ia juga mendapatkan penghargaan disana.

Pada tahun 2008 International Telecommunication Union (ITU) yang berbasis di Jenewa, Swiss, menetapkan standar teknologi 4G untuk telekomunikasi. Tak di sangka-sangka gayungpun bersambut, rupanya teknologi yang dijadikan standar adalah teknologi yang dia patenkan pada 2006. Kemudian pada tahun 2010 teknologi miliknya digunakan sebagai standar internasional untuk keperluan satelit. Anpun semakin yakin teknolginya bisa diterapkan untuk telekomunikasi di bumi.

Spesifikasi Jaringan 4G

Jaringan 4G secara spesifik diarahkan untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi dan kecepatan transfer data yang tinggi pula. Jaringan ini ditujukan untuk memberikan kualitas penerimaan yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil, serta pertukaran informasi lebih cepat.

International Telecommunication Union (ITU) atau organisasi yang mengawasi standar untuk jaringan nirkabel menyatakan bahwa kemajuan signifikan untuk layanan pesan multimedia, termasuk layanan video, merupakan suatu hal yang harus segera dicapai.

4G mampu memberikan kecepatan transfer data minimal 100 megabite perdetik saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi (seperti ketika sedang berada di kereta api), serta sebesar satu gigabit per detik dalam posisi diam.

Ponsel dan perangkat mobile pada jaringan 4G juga menggunakan teknologi Internet Protocol (IP) untuk memungkinkan transfer data melalui paket, alih-alih menggunakan metode telepon tradisional.

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan