Penemuan Telepon Pertama dan Sejarah Perkembangannya

oleh

Sehubungan dengan perkembangan Teknologi Komunikasi saat ini, Kita tidak asing lagi dengan Telepon, Saat ini Semua Perkantoran dan Perusahaan Bahkan diperumahanpun Menggunakan Telepon. Karna Mengapa.? Karna kebutuhan telepon saat ini dituntut kita untuk menggunakannya, Baik dalam Bidang Berbisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari kita.

Pengertian Telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Penemuan  dan Sejarah Telepon

Tahun 1871, Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. Tahun1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit.

Pada tahun 1877, The Charles Williams Shop merupakan tempat dimana telepon pertama kali dibuat dengan pengawasan Watson, yang selanjutnya menjadi departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. Alexander Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepon dapat digunakan. Perusahaan Bell juga telah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet permanen, diafragma besi, dan dering panggilan.

Tahun 1878, papan pengganti secara manual ditemukan sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui sebuah saluran pertukaran. dibawah kepemimpinan Theodore N. Vail, perusahaan Bell mempunyai 10.000 telepon yang dapat digunakan.

1880, sirkuit metalic pertama dipasang. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire menjadi two-wire. Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang seringkali dirasakan dengan penggunaan jalur one-wire.

Pada tahun 1891, telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi.

Pada 1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara. 

Jenis-jenis Telepon

  1. Telepon Satelit
    Telepon satelit adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan base transceiver station (BTS) nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSM yang menempatkan BTS-nya di darat. Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di derah pegunungan, pedalaman hingga di tengah lautan. Berbeda dengan telepon GSM yang jangkauannya terbatas. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan.
  2. Telepon selular
    selular di daerah geografis yang luas. Ponsel berbeda dari telepon tanpa kabel, yang hanya menawarkan layanan telepon dalam jangkauan terbatas, misalnya di dalam rumah atau kantor.  Sebuah ponsel atau Telepon selular adalah alat elektronik untuk sebuah perlengkapan yang membuat panggilan telepon at membuat dan menerima panggilan telepon dari dan ke jaringan telepon umum yang mencakup dan ponsel lain telepon fixed-line di seluruh dunia. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan ke jaringan seluler milik operator jaringan mobile. Selain berfungsi sebagai telepon, telepon selular modern biasanya mendukung layanan tambahan seperti SMS (atau teks) pesan, MMS, e-mail dan akses Internet, pendek jangkauan nirkabel (inframerah atau Bluetooth) komunikasi, maupun bisnis dan game aplikasi, dan fotografi.Ponsel yang menawarkan kemampuan komputasi canggih yang disebut sebagai smartphone
  3. Telepon rumah
    Telepon rumah adalah alat elektronik untuk sebuah perlengkapan yang membuat panggilan telepon rumah. telepon rumah yang masih menggunakan kabel, berbeda dengan telepon selular yang tidak menggunakan kabel. Telepon rumah hanya bisa melakukan panggilan telepon dan menerima panggilan telepon saja. Berbeda halnya dengan telepon selular, telepon selular ynag modern dapat melakukan panggilan telepon, menerima telepon, sms (pesan teks), mms, e-mail, akses internet dan bahkan juga bisa menonton televisi.
  4. Telepon Umum
    Telepon umum adalah fasilitas layanan telepon publik dengan cara pelayanan memasukan uang (pada umumnya koin) atau kartu telepon sebelum melakukan panggilan.
  5. Telepon Operator
    Telepon Operator adalah salah satu seksi yang ada pada Kantor Depan Hotel yang mempunyai kedudukan yang sama dengan petugas informasi, penerima tamu, pemesanan kamar, pelayanan barang dan kasir kantor depan

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *