Penemuan DNA Oleh James Watson dan Definisinya

Penemuan DNA Oleh James Watson  dan Definisinya

Pengertian DNA

DNA merupakan singkatan dari deoxyribonucleic acid atau dalam Bahasa Indonesia disebut asam deoksiribonukleat. DNA berasal dari tiga kata utama yaitu deoxyribo, dan nucleid acid (asam nukleat). Arti kata deoxyribo (Wikipedia) adalah gula yang kehilangan atom oksigennya, sementara arti kata asam nukleat (Wikipedia) adalah molekul yang mengandung informasi genetik.

Molekul-molekul DNA di tubuh kita tersusun dalam paket-paket yang disebut kromosom. Setiap manusia memiliki 23 pasang kromosom. Satu dari 23 pasang kromosom itu, yang disebut kromosom seks, berbeda pada pria dan wanita. Wanita memiliki dua kromosom X, laki-laki memiliki kromosom X dan Y. Setiap organisme memiliki jumlah kromosom yang berbeda.

Siapa Penemu DNA ?

James Watson si Penemu Struktur DNA. Tau struktur DNA? Jika tidak, kamu bisa menonton film Spider Man yang seri ke satu. Ada scene dimana Peter Parker sang tokoh utama terkena serangan gigitan laba-laba langka bukan? Esoknya setelah di gigit oleh laba-laba tersebut, sang Peter Parker si tokoh utama merasa pusing, dan akhirnya scene dimana di tampilkan struktur DNA pun ditampilkan. Struktur DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) terlihat seperti tali yang bentuknya spiral. Lalu siapa sih penemu “tali spiral” alias struktur DNA ini? Dia adalah James Watson, atau yang nama lengkapnya adalah James Dewey Watson. James Dewey Watson lahir pada tanggal 6 April 1928, dia adalah seorang putra tunggal dari James D. Watson, dia seorang pengusana, dan Jean Metchell.

Leluhur dari ayah James Dewey Watson itu merupakan keturunan Inggris dan juga pernah tinggal di midwest selama beberapa generasi. Ayah dari Ibu James Dewey Watson merupakan orang yang lahir di Skotlandia, dia menikah dengan seorang putri imigran Irlandia yang datang di AS atau Amerika Serikat pada sekitar tahun 1940.

Masa kanak-kanak James Dewey Watson di habiskan di Chicago dimana dia sendiri selama 8 (Delapan) tahun sekolah di Horace Mann Grammar dan juga selama 2 (dua) tahun di South Shore High School. Kemudian James Dewey Watson menerima beasiswa kuliah di Universitas Chicago, dan juga di musim panas sekitar tahun 1943 melakukan eksperimen selama 4 (Empat) tahun kuliah.

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan